ll

Lakukan Tes Buta Warna untuk menjadi Tentara Nasional Indonesia - TNI

Setiap tahun ada ribuan orang, baik pria maupun wanita yang ingin mendaftar menjadi anggota TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan atau Polri (Polisi Republik Indonesia) yang menurut medis/kesehatan tidak memenuhi syarat. Ada sejumlah alasan mengapa seseorang dapat dinyatakan tidak layak untuk menjadi anggota militer, salah satu alasan yang umum untuk diskualifikasi adalah karena buta warna. Semua cabang militer mewajibkan untuk lulus ujian mata yang meliputi tes untuk mendeteksi buta warna.

Jika kalian memiliki kekhawatiran bahwa kalian mungkin menderita buta warna, ada langkah-langkah yang dapat kalian ambil sebelum mendaftar menjadi anggota TNI yaitu supaya memeriksakan kondisi dan mengobatinya jika perlu. Langkah pertama adalah melakukan tes buta warna, yang dikenal dengan istilah tes Ishihara, terdiri dari 38 piringan, masing-masing dengan pola titik-titik berwarna. Warna-warna yang berbeda dari titik-titik akan membentuk sejumlah pola seperti angka atau gambar, dan bagi mereka yang tidak menderita buta warna akan dapat dengan mudah untuk melihat atau membacanya. Seseorang yang harus berjuang untuk bisa melihat nomor, atau bahkan tidak bisa melihat nomor sama sekali, menunjukkan tanda-tanda menderita buta warna.
Ada tersedia simulasi tes online disini, tetapi biasanya orang yang menggunakan tes ini menganggapnya tidak resmi atau tidak akurat karena display layar monitor dapat mengubah pewarnaan dari titik-titik piringan sedemikian rupa sehingga seseorang bisa saja gagal dalam melewati tes versi online ini. Maka untuk mendapatkan hasil lebih akurat disarankan sebaiknya kalian pergi ke dokter mata dan melakukan ujian/tes resmi guna untuk mendapatkan diagnosis yang benar.

Jika kalian didiagnosis dengan buta warna, ada pilihan yang tersedia yang dapat membantu kalian, Dokter mata dapat meresepkan lensa koreksi warna yang mengubah panjang gelombang berbagai warna ketika mereka melalui lensa dan ke dalam mata. Lensa ini dapat dipakai sebagai kacamata atau lensa kontak. Banyak orang yang memakai lensa ini berkomentar bahwa dunia terlihat lebih kaya dan lebih lengkap dari sebelumnya, karena sekarang mereka dapat melihat kehidupan di berbagai warna yang mereka tidak pernah melihat sebelumnya.

Jika kalian berpikir untuk memulai karir di militer, maka melakuakn tes buta warna adalah langkah bijak pertama yang bisa dilakukan sebelum kalian mendaftar sebagai tentara.

No comments: