ll

Buta Warna, bisakah menjadi teknisi listrik ?..

Mengalami buta warna bukan hanya merasa tidak nyaman bagi beberapa orang, hal ini juga dapat membatasi dari beberapa bidang pekerjaan. Salah satu bidang pekerjaan yang tidak sulit diterima bagi mereka yang mengalami buta warna adalah menjadi teknisi listrik.

Karena teknisi listrik bekerja dengan kabel dan kabel kode warna yang terhubung ke sirkuit dan sekering, sehingga seseorang yang buta warna akan menghadapi kesulitan untuk melihat/membedakan warna kabel, seperti merah, hijau, biru atau campuran warna-warna tersebut. Ada risiko yang melekat apabila menghubungkan kabel secara tidak benar, kesalahan menghubungkan kabel mungkin hanya mengakibatkan sirkuit rusak atau sekering putus/mati, tetapi yang lebih parah juga dapat mengakibatkan luka bakar listrik atau mengakibatkan kebakaran listrik.
Untuk alasan diatas banyak pengusaha instalatir listrik menyeleksi dengan teliti teknisi listrik terhadap kemungkinan buta warna. Menariknya, teknisi listrik buta warna memang ada dan mereka menghadapi kesulitan sehari-hari di tempat kerja. Mereka juga membutuhkan bantuan ketika bekerja dengan kabel-kode warna.
Untungnya sekarang ini ada pengobatan yang tersedia untuk mereka yang tertarik dalam karir pekerjaan sebagai tukang atau teknisi listrik. Perawatan untuk buta warna pada dasarnya pengobatan bersifat korektif yang sama bagi mereka yang rabun jauh atau rabun dekat yaitu dengan menggunakan lensa kontak atau kacamata yang dirancang untuk menyaring warna sehingga orang yang memakai dapat melihat warna dengan lebih mudah dari sebelumnya. Seorang dokter yang spesialisi dalam pengobatan buta warna akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menentukan jenis yang tepat kekurangan visi warna yang dimiliki dari hasil tes buta warna.

Selain itu, sekarang ini pada smartphone juga telah ada aplikasi download yang dapat membantu orang buta warna. Aplikasi ini bekerja menggunakan kamera ponsel untuk mengidentifikasi warna bagi orang buta warna.

Berkat kemajuan dalam bidang kedokteran dan teknologi,orang buta warna tidak lagi kesulitan dalam karir sebagai teknisi listrik. Dengan perawatan yang tepat, jalur karir yang dulunya sulit bagi mereka yang mengalami buta warna sekarang sudah lebih mudah.

No comments: