ll

Mengobati Buta Warna

Tahukah kalian, kita termasuk buta warna apabila kita memiliki kesulitan dalam melihat nuansa merah, hijau dan biru. Ketika buta warna terjadi, kita mungkin memiliki kesulitan/masalah untuk membaca, sehingga dapat mempengaruhi kehidupan. Dalam banyak kasus, buta warna adalah bersifat keturunan yang berarti sudah dialami sejak lahir, namun penyakit ini juga dapat disebabkan karena cedera mata, efek samping obat, penyakit mata atau penuaan. Buta warna juga dapat terjadi jika kita terkena bahan kimia tertentu atau jika terkena cahaya ultra violet pada mata.

Gejala Buta Warna Ketika kita melakukan pemeriksaan tes buta warna, mungkin kita bisa melihat beberapa warna, tetapi juga mengalami kesulitan untuk melihat beberapa warna. Dalam beberapa kasus buta warna mungkin hanya bisa melihat orang kulit hitam atau kulit putih. Selain itu hanya bisa melihat beberapa nuansa atau warna. Ciri-ciri lain memiliki buta warna adalah bisa dilihat dari gerakan matanya yang cepat.

Mendiagnosis Buta Warna
Seorang dokter akan melakukan tes untuk menentukan apakah kita memiliki buta warna, dokter akan meminta pasien untuk melihat plate yang berisi titik-titik berwarna, dia akan memerintahkan si pasien untuk menemukan/membaca pola dalam titik-titik tersebut dan dokter akan dapat mengetahui warna apa yang kesulitan untuk dilihat pasien. Dokter mungkin juga akan meminta kepada pasien untuk mengatur urutan chip berwarna tadi dan banyak chip yang, hal ini penting untuk mendiagnosis buta warna sedini mungkin.
Mengobati Warna Kebutaan
Jika kita telah didiagnosa memiliki buta warna, dokter akan melakukan dan menyarankan beberapa hal antara lain:
1. Memakai lensa kontak berwarna, lensa kontak berwarna dapat membuat warna lebih cerah dan lebih jelas dan meningkatkan kemampuan untuk melihat warna dengan benar.
2. Memakai kacamata yang dapat menghalangi silau cahaya
3. Melakukan transfer gen.
4. Melakukan bedah, beberapa kasus buta warna dapat disembuhkan melalui operasi, buta warna yang terjadi karena katarak dapat diperbaiki melalui operasi LASIK.

Membantu Orang yang memiliki Buta Warna
Jika anak kita menunjukkan gejala buta warna, mungkin memiliki masalah dalam membaca atau belajar di sekolah. Oleh karena itu berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu anak Anda :
1. Melakukan pemeriksaan untuk masalah buta warna
2. Memberitahukan kepada guru mereka, guru akan dapat membantu siswa untuk menyesuaikan diri terhadap penyakitnya.

Mengalami buta warna bisa dibilang cukup sulit, karena dapat mempengaruhi dalam belajar/pendidikan, pekerjaan dan cara hidup, oleh karena itu adalah penting dan harus bisa mengerti bahwa kita memiliki buta warna, sehingga kita kemudian dapat belajar untuk mengelola penyakit yang dialami, dan dapat secara efektif melakukan fungsi sehari-hari dalam kehidupan Anda.

No comments: