![]() |
Unit Mesin Disel |
Bagaimana cara kerja Mesin Diesel ?
Perbedaan terletak pada jenis pengapian. Sementara mesin bensin menggunakan pengapian busi, mesin diesel menggunakan kompresi - pengapian untuk membakar bahan bakar. Pada mesin disel, udara ditarik ke dalam mesin dan mengalami kompresi tinggi sehingga memanaskan solar. Hal ini menghasilkan suhu yang sangat tinggi dalam mesin, jauh lebih tinggi dari pada suhu yang dicapai pada mesin bensin.
Dalam mesin diesel, udara dan bahan bakar yang dimasukkan ke mesin pada tahapan yang berbeda. Bahan bakar diinjeksikan ke dalam mesin diesel menggunakan injektor sedangkan dalam mesin bensin menggunakan karburator. Pada mesin bensin, bahan bakar dan udara dikirim ke mesin bersama-sama, dan kemudian dikompresi. Untuk mesin diesel hanya kompres udara, dan rasio dapat jauh lebih tinggi. Sebuah mesin diesel kompres pada rasio 14 : 01 sampai dengan 25 : 1, sedangkan dalam mesin bensin rasio kompresi 8 : 01 s/d 0 : 01. Setelah pembakaran, sisa pembakaran dikeluarkan dari mesin melalui knalpot.
Keuntungan dari Mesin Diesel, Mesin diesel jauh lebih efisien dan lebih baik dibandingkan dengan mesin bensin karena alasan berikut :
Mesin diesel modern telah disempurnakan dari kekurangan model sebelumnya yaitu tingkat kebisingan yang lebih tinggi dan biaya pemeliharaan yang mahal. Mesin Disel sekarang lebih halus dan membutuhkan lebih sedikit perawatan dibandingkan dengan mesin gas dengan ukuran yang sama.
Mereka lebih kuat dan dapat diandalkan.
Tidak adanya busi atau kabel busi menurunkan biaya pemeliharaan.
Biaya bahan bakar per kilowatt yang dihasilkan 30-50 persen lebih rendah daripada mesin bensin.
Aplikasi & Penggunaan untuk Mesin Diesel
Mesin diesel umumnya digunakan sebagai mesin mekanis, pembangkit listrik dan di drive mobile.(lokomotif, peralatan konstruksi, mobil, dan aplikasi industri yang tak terhitung jumlahnya). Penggunaannya meluas ke hampir semua industri.
No comments:
Post a Comment