Pages

Perbandingan Mobil Bensin dengan Mobil Diesel

Bensin telah ada selama berabad-abad dan telah digunakan sebagai sumber utama bahan bakar mobil. Dengan adanya pengembangan untuk meningkatkan mobil diesel, maka pilihan antara mobil diesel dan mobil bensin menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan bagi para calon penggunanya.

Dalam melihat pro dan kontra dari mobil solar dan mobil bensin, kita harus menggunakan pendekatan yang holistik sebelum memberikan penilaian pada masing-masing jenis kendaraan tersebut.

Skala Ekonomis
Mobil diesel menggunakan bahan bakar yang secara signifikan lebih sedikit apabila dibandingkan dari mobil bensin. Bukti empiris menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar untuk mobil diesel bisa 1.6 liter atau hampir satu setengah kali lebih efisien daripada mobil bensin yang setara.


Pelayanan, 

Mengenai servis kendaraan, kita akan menemukan bahwa meskipun biaya perawatan mobil diesel jauh lebih tinggi daripada mobil bensin, namun mobil diesel cenderung dapat beroperasi dalam waktu yang lebih lama  atau mempunyai jarak tempuh lebih jauh dengan tanpa mengalami banyak kesulitan/permasalahan.

Penjualan Kembali

Nilai Penjualan kembali mobil diesel secara historis terbukti lebih tinggi daripada mobil bensin. Satu alasan utama untuk ini adalah fakta bahwa mobil diesel memiliki ekonomis bahan bakar yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mobil bensin.

Komposisi kimia dari diesel yang secara signifikan berbeda dari bensin adalah penyebab perberbedaan sisa pembakaran atau gas buangnya. Ini pada dasarnya bisa menjelaskan mengapa mobil diesel umumnya lebih keras dibandingkan mobil bensin. Tetapi pengembangan serta perbaikan dalam teknologi diesel telah membuat mobil diesel lebih tenang dan halus. Saat ini telah banyak mobil baru, diesel turbo yang memiliki akselerasi dan kecepatan setara dengan mobil bensin.

 
Dampak Lingkungan
Meskipun keduanya, mesin diesel dan mesin bensin menghasilkan emisi yang berbahaya, Pemerintah telah mencatat bahwa produk diesel menghasilkan dampak polutan yang lebih serius.

Polutan: Hidrokarbon, polusi udara beracun, karbon monoksida, oksida nitrogen dan materi partikel yang umum yang berasal dari produk-produk pembakaran baik bensin  maupun solar. Diesel, bagaimanapun, menghasilkan oksida nitrogen dan partikel yang lebih signifikan dibandingkan bensin. Partikel materi telah terbukti menyebabkan atau memperburuk penyakit jantung, pernapasan dan bronkitis akut. Mengurangi fungsi paru-paru dan serangan asma juga penyakit umum yang terkait dengan kontak yang terlalu lama dengan partikel. Nitrogen oksida juga dapat mengganggu fungsi paru-paru dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi pernapasan dan banyak penyakit (walaupun tidak semua). Pada mobil diesel produksi yang lebih baru, filter sisa pembakaran / partikel telah terinstal, hal ini dalam upaya untuk mengurangi emisi partikel.

Tidak ada komentar: